beli- pembelian akuisisi – metode penilaian kembali (revaluasi): metode pencatatan penggabungan harta dan kewajiban perusahaan yang telah diakuisisi setelah dilakukan penilaian kembali berdasarkan harga pasar yang wajar dengan harta dan kewajiban perusahaan yang mengakuisisi; selisih antara nilai beli dan nilai wajar harga pasar atas harta dan kewajiban perusahaan yang dibeli tersebut dicatat oleh pembeli sebagai muhibah (goodwill); angka-angka keuangan kedua perusahaan tetap tergabung,. tetapi nilai biaya historisnya ditetapkan kembali; metode penggabungan kepentingan (pooling of interest): metode pencatatan penggabungan harta dan kewajiban perusahaan yang telah diakuisisi tanpa melakukan penilaian kembali dengan harta dan kewajiban perusahaan yang mengakuisisi (purchase acquisition).

beli – pembelian berjangka – pembelian instrumen pasar uang atau mata uang untuk mengantisipasi risiko terjadinya perubahan harga atau perubahan permintaan (buying forward).

beli – pembelian kembali saham – perjanjian bahwa perusahaan dapat membeli kembali saham yang telah diterbitkan jika perusahaan membutuhkan; penjanjian ini dapat menjadi insentif bagi karyawan kontrak karena dengan demikian mereka dapat menjual kembali sahamnya pada saat masa kontrak kerjanya berakhir (stock repurchase).

beli-kala menguntungkan – pembelian aktiva dengan pembayaran di muka yang disebut margin, sisanya ditutup dengan pinjaman dari bank atau pialang; dalam pembelian surat berharga dan komoditas, sisa utang tidak perlu ditutup dengan pinjaman dari bank atau pialang (buy on margin).

beli sewa – pembelian barang dengan pembayaran secara angsuran dan pembeli baru menjadi pemilik barang itu setelah melunasi harganya (huurkoop).

beli utang – pengambilalihan perusahaan oleh seseorang atau sekelompok investor yang menggunakan dana pinjaman dengan jaminan berupa harta yang dimiliki oleh perusahaan yang diambilalih atau harta milik investor tersebut; pengembalian dana pinjaman diambil dari pendapatan perusahaan yang diambil alih (leverage buy-out).

bentuk – pembentukan persediaan – pembentukan atau persediaan barang atau bahan mentah sebagai cadangan untuk rnenghadapi keadaan darurat, misalnya menyimpan persediaan bahan makanan pada saat perang (stockpiling).

beri – pemberi gadai – pihak yang menyerahkan barang dalam bentuk gadai sebagai jaminan pembayaran utang; sin. penggadai (pledger).

beri – pemberi kredit pihak yang memberikan kredit; lihat kreditur (lender).

beri – pemberi pinjaman – seseorang atau pihak yang memberi pinjaman atau piutang kepada pihak lainnya berdasarkan ikatan hukum dan memiliki hak untuk menerima atau memperoleh pembayarannya kembali dari pihak yang telah berutang kepadanya, termasuk bunga, pada saat jatuh tempo pinjamannya tersebut (obligee).

beri – pemberian kredit niragunan – pemberian kredit yang peminjamnya tidak menyerahkan agunan; disebut juga pemberian kredit dengan fidusia karena agunan tersebut digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan (fiduciary loan).

beritahu – pemberitahuan keuangan – bentuk pemberitahuan posisi keuangan nasabah yang tercatat di suatu bank, disampaikan oleh bank yang bersangkutan kepada setiap nasabahnya secara berkala (notification).

beri tahu – pemberitahuan penarikan – pemberitahuan tertulis mengenai niat deposan untuk menarik simpanannya di bank dalam jumlah yang cukup besar (dapat mempengaruhi likuiditas bank) beberapa hari sebelum tanggal penarikan (notice of withdrawal).

berita penolakan – surat yang dibuat oleh notaris atas perintah pemegang cek atau wesel karena pihak tertarik atau bank menolak untuk melakukan pembayaran (notice of dishono).

berkas kredit – sekumpulan dokumen tentang fakta atau opini yang berhubungan dengan pemberian kredit kepada setiap nasabah debitur bank yang disimpan berdasarkan aturan dan klasifikasi tertentu (credit file; folder).

berkas permanen – barkas berisi surat atau dokumen yang bersifat permanen, seperti anggaran dasar, risalah rapat pimpinan, data mengenai personalia, dan kontrak (permanent file).

bersih perakunan – pernyataan pengesahan dari auditor bahwa tidak ditemukan penyimpangan atau ketidakwajaran dalam pembukuan suatu perusahaan yang perlu diungkapkan; juga dikenal dengan istilah “wajar tanpa syarat”; perbankan : bebas dari utang yaitu selama periode pembersihan setiap tahun debitur membayar seluruh pinjamannya sehingga saldo pinjaman nol; pedagangan internasional : bill of exchange, wesel atau L/C tanpa dilampiri dokumen pengapalan, biasanya diberikan kepada organisasi yang mempunyai reputasi yang baik (clear).

biaya – pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengirman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan; dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan; pengertian biaya berbeda dengan beban; semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya (cost; expense).

biaya – pembiayaan awal – dana yang digunakan untuk memulai suatu usaha atau untuk membeli aktiva; jika pembiayaan tersebut dilakukan melalui modal Ventura, pembiayaan tersebut dipakai sebagai unsur modal, sedangkan pembiayaan dari bank d ipakai sebagai modal kerja (start-up financing).

biaya – pembiayaan berdasarkan prinsip syariah – penyediaan dana atau tagihan yang dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dan pihak lain yang mewajibkan pihak lain yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil.

biaya – pembiayaan bertahap – pembiayaan proyek untuk konstruksi (properti, realestat) yang pembayarannya berdasarkan tahap penyelesaian proyek tersebut (take out loan).

biaya – pembiayaan dengan utang proses – meningkatkan jumlah utang dengan cara menerbitkan surat utang jangka panjang, seperti obligasi atau surat utang lain (debt financing).

biaya – pembiayaan jangka pendek – fasilitas kredit dengan jangka waktu sampai dengan satu tahun (short term financing).

biaya – pembiayaan mezanin – pembiayaan mezanin dapat dilakukan dalam dua cara, yaitu (a) dalam rangka restrukturisasi modal: jenis pembiayaan dalam rangka restrukturisasi modal yang biasanya dilakukan melalui merger atau akuisisi; pinjaman mezanin biasanya berbentuk pinjaman subordinasi berjangka waktu lebih dari lima tahun dan dilakukan melalui pembelian surat berharga; (b) dalam rangka masuk bursa (go public), pembiayaan tahap kedua atau tahap ketiga oleh perusahaan modal Ventura sesaat sebelum perusahaan masuk bursa; perusahaan modal ventura memilih tahap pembiayaan ini karena risikonya lebih rendah daripada melakukan pembiayaan awal (start-up financing) karena dapat mengharapkan adanya presiasi modal lebih awal (mezzanine financing).

biaya – pembiayaan penyediaan barang – kredit modal kerja untuk membiayai pembelian sediaan barang untuk dijual kembali; pembayaran dilakukan secara bertahap sesuai dengan jumlah yang telah terjual; kredit harus dijamin dengan piutang yang nilainya lebih tinggi daripada nilai sediaan karena piutang lebih cepat untuk diuangkan dan lebih mudah untuk mengajukan tambahan kredit (inventroy financing).

biaya – pembiayaan piutang – bentuk pinjaman untuk berbagai keperluan, khususnya pembiayaan jangka pendek yang dijamin oleh piutang (receivable financing).

biaya – pembiayaan proyek – pembiayaan yang dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan untuk membiayai suatu proyek konstruksi; apabila proyek kontruksi tersebut berada di luar negeri, akan ditetapkan persyaratan tertentu dalam pemberian kredit tersebut; bank tersebut akan meminta jaminan bahwa pembayaran angsuran akan dilakukan sesuai dengan waktu yang ditetapkan (project finance).

biaya – pembiayaan saham biasa – penyediaan dana yang dimaksudkan hanya untuk pembelian saham biasa (common stack fund).

biaya – pembiayaan spekulasi – penggunaan dana orang lain untuk spekulasi yang dapat mengakibatkan kerugian bagi pemilik dana (high finance).

biaya – pembiayaan tambahan perbankan: pinjaman yang ditambahkan kepada utang pokok, biasanya untuk propetti atau perbaikan rumah dan mengubah jumlah pembayaran dan persyaratan lain; keuangan: penerbitan surat-surat berharga yang baru pada tingkat bunga yang lebih rendah atau jangka waktu yang lebih panjang (refinancing).

biaya administrasi – biaya yang dibebarkan secara berkala kepada pemegang rekening pada suatu bank, misalnya biaya administrasi rekening koran, iuran tahunan kartu kredit; nasabah mungkin tidak dikenai biaya tersebut jika dapat memelihara saldo minimum tertentu (maintenance fee).

biaya bayar di muka – pengeluaran yang dibayarkan untuk keperluan dalam tahun buku mendatang, seperti pembayaran sewa, royalti, dan premi asuransi; pengeluaran tersebut belum merupakan biaya dalam tahun buku berjalan (prepaid expenses).

biaya bukan biaya bunga – biaya operasi tetap bank yang dapat diperhitungkan dengan pendapatan dari pinjaman, denda keterlambatan, iuran tahunan dan biaya atas fasilitas kredit atau pemberian jasa di luar kredit, misalnya biaya gaji, biaya peralatan, biaya sewa gedung dan perlengkapannya, pajak, dan biaya lain termasuk cadangan penghapusan kredit macet (non-interest expense).

biaya bunga bayar di muka – beban bunga yang sebenamya belum menjadi kewajiban yang harus dibayar oleh perusahaan pada periode yang bersangkutan, tetapi telah dibayarkan lebih dulu (prepaid interest expense).

biaya dana – biaya yang harus dibayar oleh suatu lembaga keuangan atau bank atas penggunaan uang yang sumbernya dari pihak lain (nasabah dan/atau bank); biaya dana dalam suatu bank merupakan dasar penetapan suku bunga kredit setelah memperhitungkan keuntungan yang diharapkan termasuk biaya administrasi dan biaya-biaya lain (cost of funds).

biaya gabung – biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi dua atau lebih produk yang berlainan sehingga akan terdapat beberapa macam produk dari suatu proses produksi) yang sama dengan menggunakan bahan baku yang sama pula (joint cost).

biaya ikat janji – biaya yang akan dibebankan kepada debitur sehubungan dengan kesanggupan kreditur untuk merninjamkan sejumlah uang dengan suku bunga dan dalam waktu yang disepakati. biaya komitmen (commitment fee).

biaya kredit – fasilitas kredit kepada konsumen untuk dapat melakukan pembelian saat ini tanpa harus membayar tunai; pembayaran kredit tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu (misalnya tiga puluh hari) atau secara angsuran (charge account banking).

biaya marginal – peningkatan atau penurunan total biaya suatu perusahaan akibat penambahan atau pengurangan satu unit keluaran; penentuan biaya marginal sangat penting dalam menentukan jumlah; biasanya, biaya marginal menurun sejalan dengan meningkatnya volume produksi sesuai dengan skala ekonomi, termasuk faktor potongan harga biaya material, tenaga kerja terlatih, dan penggunaan mesin yang lebih efisien (marginal cost).

biaya marginal dana – biaya tambahan atau selisih biaya yang timbul dari tambahan setiap rupiah untuk suatu pinjaman baru dengan asumsi biaya dana tetap tidak berubah; dalam teori akuntansi umum, i biaya marginal untuk mempenoleh dana akan menurun setelah mencapai skala ekonomi; dengan kata lain, biaya marginal berbanding terbalik dengan modal dasar lembaga keuangan karena bank yang lebih besar, yang tentunya mempunyai portofolio pinjaman pula, dapat lebih mudah masuk ke pasar modal dan pasar uang daripada bank kecil (marginal cost of funds).

biaya modal – tingkat pendapatan yang diperoleh dari suatu bisnis apabila bisnis tersebut memilih investasi lain dengan tingkat risiko yang berimbang; dengan kata lain, biaya modal merupakan biaya kesempatan yang hilang (opportunity cost) dan dana yang digunakan untuk investasi lain tersebut; biaya modal dapat juga dihitung dengan menggunakan rata-rata tertimbang atas biaya utang perusahaan serta klasifikasi modal (cost of capital).

biaya muat layak bayar – pernyataan dengan cap pada surat muatan bahwa biaya muatan dapat dibayar (freight payable).

biaya nonoperasional – biaya yang merupakan beban perusahaan yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan pokok usaha perusahaan; sin. biaya taklangsung (nonoperating expenses).

biaya operasional – biaya berupa pengeluaran uang untuk melaksanakan kegiatan pokok, yaitu berupa biaya penjualan dan administrasi untuk memperoleh pendapatan, tidak termasuk pengeluaran yang telah diperhitungkan dalam harga pokok penjualan dan penyusutan (operating expenses).

biaya pekerja tak langsung – upah tenaga yang tidak dapat diperhitungkan secara langsung kepada biaya suatu produk karena upah tersebut tidak berubah mengikuti jumlah hasil produksi (indirect labor costs).

biaya peluang – pendapatan yang seharusnya dapat diperoleh atau biaya yang dapat dihemat dengan pemilihan alternatif penanaman dana yang lebih menarik daripada yang telah dipertimbangkan; biaya tersebut timbul karena adanya sumber dana yang hilang akibat diambilnya alternatif lain yang dianggap lebih baik, misanya penanaman dalam obligasi lebih menarik daripada deposito (opportunity cost).

biaya premi asuransi bayar di muka – beban asuransi yang sebenarnya belum menjadi kewajiban yang harus dibayarkan dalam periode yang bersangkutan, tetapi telah dibayarkan lebih dulu (prepaid insurance expense).

biaya seluruh – biaya langsung dan biaya tidak langsung; total biaya dan sertifikat deposito adalah bunga deposito yang dibayar kepada deposan, premi asuransi deposito, dan biaya kesempatan (opportunity cost) yang dikeluarkan bank untuk memelihara cadangan likuiditas wajib minimum di Bank Sentral; total biaya kredit adalah bunga yang harus dibayar yang meliputi biaya provisi, jasa, dan biaya lain-lain; dalam kredit bank, total biaya kredit meliputi bunga yang harus dibayar, biaya provisi, biaya komisi, biaya administrasi, dan biaya lain-lain (all in cost).

biaya sewa bayar di muka – beban sewa yang sebenarnya belum menjadi kewajiban yang harus dibayarkan dalam periode yang bersangkutan, tetapi telah dibayarkan lebih dulu (prepaid rent expense) biaya tak-langsung biaya perusahaan yang tidak secara langsung terkait pada produksi atau penjualan barang maupun jasa (indirect overhead).

biaya talangan – biaya tambahan yang harus dikeluarkan terlebih dahulu oleh seorang pegawai dalam rangka melaksanakan tugas bisnis sebagai pemenuhan atas suatu biaya yang wajib dikeluarkan, selanjutnya dimintakan penggantian dari perusahaan (out of pocket expenses).

biaya tenaga kerja – jumlah upah dan gaji yang dibayarkan kepada para pekerja (labour cost).

biaya tetap – biaya perusahaan yang besarnya tidak dipengaruhi oleh volume kegiatan perusahaan, baik datam produksi maupun dalam penjualan; biaya tetap ini termasuk gaji yang dikeluarkan perusahaan untuk pegawai, pembayaran bunga, sewa, depresiasi, dan biaya asuransi (fixed cost).

biaya transaksi – biaya yang diperhitungkan oleh bank kepada bank lain sehubungan dengan adanya transaksi, misalnya pembayaran tagihan kartu kredit yang diajukan oleh pedagang ataupun penarikan uang tunai melalui anjungan tunai mandiri (ATM); biaya yang timbul umumnya dibebankan kepada pemilik kartu kredit dalam iuran tahunan atau denda keterlambatan pembayaran (handling charge inter-change rote).

biaya variabel – biaya perusahaan yang besarnya sesuai dengan volume kegiatan usaha (variable cost).

bijak- kebijakan fiskal – kebijakan mengenai pajak, penerimaan lain, utang-piutang dan pengeluaran pemerintah dengan tujuan tertentu, seperti menunjang kestabilan ekonomi, keseimbangan moneter, peningkatan pembangunan ekonomi, dan perluasan kesempatan kerja (fiscal policy).

bijak – kebijakan moneter – peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh otoritas moneter untuk mengontrol uang beredar, inflasi, dan untuk memelihara stabilitas ekonomi suatu negara; hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti perubahan suku bunga, operasi pasar terbuka serta rasio amandemen cadangan aset dan simpanan tertentu (monetary policy).

bilyet – formulir, nota, dan bukti tertulis lain yang dapat membuktikan transaksi, berisi keterangan atau perintah membayar (biljet).

bina – pembinaan kredit usaha – pembinaan yang dilakukan oleh bank kepada debitur, antara lain berupa pemberian bimbingan, pengawasan, dan petunjuk agar debitur terhindar dari kemungkinan kemacetan kredit yang diperoleh dari bank yang bersangkutan (nursing of credit).

biro perjalanan – kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa yang diperlukan dalam rangka perjalanan, seperti pembelian tiket, pengurusan paspor atau visa, penginapan, dan acara darmawisata (travel bureau).

birokrasi – tata kerja suatu organisasi yang berpegang teguh secara ketat pada hierarki dan peraturan (bureaucracy).

bisnis – kegiatan dengan menggunakan modal tertentu untuk rnemperoleh laba, seperti industri, perdagangan, dan pengangkutan (business).

bisnis jasa – Jenis kegiatan ekonom berupa penjualan jasa, keahlian, atau proses teknis yang dilakukan oleh badan usaha, seperti pengacara, kantor akuntan, biro arsitek, biro administrasi, biro iklan, pusat komputer, mesin fotokopi, dan kantor konsultan; sin. usaha jasa (business services).

blok – perbankan : sejumlah cek dan atau uang tunai, yang dikumpulkan seorang teller selama waktu transaksi yang ditentukan, umumnya mulai pukul 09.00 s.d 15.00 setiap bank cek-cek dan uang tunai tersebut berikut slip setorannya selanjutnya dikirimkan ke bagian perakunan; surat berharga : sejumlah saham yang diperjual-belikan dalam satu kali transaksi, biasanya satu blok benisi 10.000 lembar (block).

bloter – jurnal atau catatan harian yang memuat setiap transaksi yang dibuat oleh seorang dealer (blotter).

boikot – 1).tindakan pencegahan kelangsungan Suatu bisnis dengan memaksa orang untuk tidak membeli produk perusahaan tersebut – 2).memaksa orang untuk tidak melakukan bisnis dengan pihak tertentu (boycott).

boleh batal – sesuatu yang dapat dibatalkan hakim atas permintaan salah satu pihak karena perjanjian itu dibuat secara tidak bebas atau pembuat perjanjian tidak cakap (voidable).

boleh tukar – sesuatu yang memiliki nilai sehingga dapat ditukarkan dengan barang lain yang memiliki nilai yang sama; apabila digunakan sebagai uang, dapat diartikan bahwa uang tersebut dapat ditukarkan secara bebas dengan mata uang lainnya (convertible).

bolivar – satuan mata uang Venezuela; nilal 1 bolivar sama dengan 100 centimos (balivar).

bolliviano – satuan mata uang Bolivia; nilai 1 boliviano sama dengan 100 centavos (bolli viano).

bonafide – jujur dan dapat dipercaya (bonafide).

bonanza umum : keuntungan sangat besar yang diperoleh suatu perusahaan di luar perkiraan; vestasi: keuntungan besar yang didapatkan dalam suatu investasi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan pemilik investasi secara tiba-tiba (bonanza).

bonus – pemberian tambahan di luar gaji kepada pegawai atau dividen tambahan kepada pemegang saham (bonus).

bonus insentif – pemberian dalam bentuk uang kepada pekerja, biasanya diberikan pada akhir tahun yang didasarkan pada kinerja karyawan (incen tive bonus).

borjuis – dalam ekonomi, segolongan orang yang empunyai pekerjaan sendiri tanpa mempekerjakan orang lain, pada umumnya termasuk kelas menengah tinggi (bourgeois).

borong – pemborongan pembelian komoditas atau sekuritas secara besar-besaran untuk memonopoli pasaran (engrossing; corner).

budel pailit – harta kekayaan seseorang atau badan yang telah dinyatakan pailit yang dikuasai oleh balai harta peninggalan (bankrupt estate).

bukan penduduk – seseorang yang tidak berdomisli di dalam wilayah hukum yang dipersoalkan (nonresident).

bukti audit – fakta yang diperoleh sebagai hasil pemeriksaan fisik, hitung ulang, penegasan pihak ketiga, pencocokan, pernyataan pejabat, dan lain-lain; fakta itu menjadi dasar yang layak untuk memberikan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan (Auditing evidence).

bukti pelunasan – dokumen atau bukti tertulis atas pelunasan pembayaran suatu kewajiban; bukti pelunasan ini membebaskan debitur dari kewajiban membayar bunga surat berharga; saat debitur telah menyelesaikan pembayaran angsuran terakhir suatu hipotek, kreditur menerbitkan dokumen yang menunjukkan bahwa utang debitur telah lunas (acquit fance).

bukti pembayaran – cek cek dengan lampiran aplikasi yang menyatakan alasan pembayarannya; pihak yang mengesahkan cek mendepositokan cek tersebut dan menyimpan potongannya sebagai bukti pembayaran; dalam penjualan secara kredit, jumlah yang tertera pada potongan cek menunjukkan jumlah uang yang dibukukan untuk mengkredit buku besar piutang penjual dan buku besar utang pembeli (voucher check).

bukti penerimaan buku cek – bukti penerimaan formulir cek dengan nomor sen dan nomor urut tertentu yang mencantumkan ketentuan bahwa penerima bertanggung jawab penuh atas penggunaan formulir cek tersebut (cheque book receipt).

bukti perhitungan kliring – lembar perhitungan yang memuat penyelesaian penukaran cek dan bilyet giro yang dilakukan oleh anggota lembaga kliring setiap hari kerja; dalam dokumen tersebut tertera jumlah debit dan kredit warkat masuk dan keluar setiap bank yang merupakan dasar penyesuaian saldo rekening setiap anggota kliring; bukti perhitungan kliring ini dikenal sebagai neraca kliring (clearing house proof).

bukti transaksi – dokumen sebagai tanda bukti yang mendukung serta mengesahkan atas transaksi yang dilakukan atau tanda bukti adanya kewajiban pada pihak lain yang masih harus dilaksanakan, misalnya cek, bilyet giro, dan dokumen pengiriman uang; lihat juga bukti pelunasan (voucher).

buku – pembukuan – pencatatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang berisi setiap tnansaksi baik pengeluaran maupun pendapatan (bookkeeping).

buku – pembukuan berdampingan – pembukuan dua rekening koran yang ditempatkan berdampingan dalam mesin pembukuan untuk mendapatkan dua rekening asli secara otomatis (side by side posting).

buku – pembukuan beruntun – pembukuan beberapa transaksi pada satu perkiraan secara berurutan dan sekaligus (multiple posting).

buku besar – kumpulan perkiraan yang digunakan oleh perusahaan/bank untuk mencatat transaksitransaksinya; buku besar ini akan disesuaikan dengan banyaknya perkiraan yang timbul berdasarkan transaksi yang dilakukan sehingga berisi jumlah mutasi debit atau kreditnya (ledger).

buku besar aset – buku besar pembantu yang mencatat semua transaksi yang terjadi atas semua perkiraan yang berhubungan dengan aset yang diklasifikasikan ke dalam debit dan kredit; penggunaan buku besar pembantu tersebut bergantung pada besar kecilya perusahaan dan kompleksitas sistem akuntansi yang dianut, dapat terdiri atas satu buku besar pembantu untuk mencatat seluruh aset atau beberapa buku besar pembantu untuk aset yang berbeda-beda, misalnya aset tetap (asset ledger).

buku besar pembantu – perkiraan dalam pembukuan yang merupakan perincian dari pos-pos perkinaan dalam buku besar (subsidiary ledger).

buku besar penjualan – buku besar yang memuat akun-akun langganan yang membeli barang dengan kredit dan mencatat setiap transaksi (sales ledger).

buku besar utang – pusat data bank tentang utang yang masih harus dibayar oleh debitur dan potongan bagi semua peminjam, dilakukan oleh bagian kredit pada suatu bank; buku besar utang ini dapat terdiri atas buku besar pernbantu bagi sistem komputerisasi akuntansi bank atau dalam sistem yang belum otomasi, posisi pinjaman setiap nasabah dicatat dalam setiap kartu debitur; jumlah seluruh posisi pinjaman tersebut merupakan bagian terbesar aktiva produktif bank (liability ledger).

buku cek – buku berisi sejumlah formulir cek yang dikeluarkan oleh bank untuk digunakan sebagai alat penarik dan akun nasabah (cheque book).

buku harian – buku untuk mencatat semua transaksi perusahaan setiap hari menurut tertib waktu sebagai dasar atau sumber pembukuan selanjutnya (day book).

buku kas – buku yang digunakan untuk mencatat setiap penerimaan, pengeluaran, baik secara tunai maupun melalui akun perusahaan pada bank (cash book).

buku nomor pemegang rekening – buku tempat mencatat nomor, nama, alamat, tanggal, dan keterangan lain tentang pembukaan atau penutupan rekening nasabah (account register).

buku pedoman – buku panduan, berisi informasi, petunjuk, harga, dan lain-lain yang dapat membantu kelancaran pekerjaan (manual).

buku tabungan – buku yang dikeluarkan oleh bank yang mencantumkan jumlah simpanan nasabah pada rekening tabungan di suatu bank yang kepemilikannya dibuktikan dengan identitas yang tertulis pada buku dimaksud sehingga tidak dapat diperjual-belikan atau dipindahtangankan; buku tersebut harus diperlihatkan pada setiap penyetoran ataupun penarikan dan pada saat membukukan bunga; buku itu biasa juga disebut sebagai buku bank; di beberapa bank, buku bank sudah tidak digunakan, sebagai pengganti nasabah diberikan tembusan bukti penyetoran (passbook).

bulat – pembulatan – 1). praktik untuk mempersingkat pengungkapan informasi dengan menyesuaikan angka ke atas atau ke bawah kepada angka yang terdekat; misalnya, Rp3.789.564,00 dibulatkan ke atas menjadi Rp3,8 juta atau Rp3.743.564,00 dibulatkan ke bawah menjadi Rp3,7 juta; – 2). dalam pemberian tingkat suku bunga kredit atau simpanan, biasanya pembulatan tingkat suku bunga dilakukan dengan pembulatan ke atas atau pembulatan ke bawah; misalnya, 17,4532% dibulatkan ke bawah menjadi 17,45% dan 17,4563% dibulatkan ke atas menjadi 17,46% (rounding).

bunga – imbalan yang dibayarkan oleh peminjam atas dana yang diterima; bunga dinyatakan dalam persen (interest).

bunga akrual – bunga yang telah diperhitungkan sebagai pendapatan atau biaya perusahaan, tetapi belum nyata diterima atau dibayar (accrued interest).

bunga andaian – perkiraan nilai, biaya, atau bunga yang harus dipertimbngkan atas penggunaan modal (uang ataupun barang). meskipun belum dilakukan pembayaran tunai, biasanya perkiraan ini dilakukan dalam rangka perhitungan pajak (inputed interest).

bunga bank – sejumlah imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank yang dihitung sebesar persentase tertentu dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan ataupun tingkat bunga yang dikenakan terhadap pinjaman yang diberikan bank kepada debiturnya (bank interest).

bunga biasa – bunga yang dihitung hanya atas pokok pinjaman, sedangkan atas bunga yang terutang tidak dihitung bunga; bunga yang dihitung berdasarkan 360 hari dalam satu tahun (simple interest; ordinary interest).

bunga debit – bunga yang dibebankan bank atas saldo debit rekening nasabah (debit interest).

bunga ditambahkan – metode perhitungan pembayaran bunga dengan menggunakan persentase terhadap pokok pinjaman yang diinginkan untuk menghitung biaya bunga; biaya bunga itu kemudian ditambahkan pada utang pokok untuk menghitung jumlah yang harus dibayar oleh peminjam (ad-on rates; ad-on interest).

bunga harian – pendapatan bunga yang dihitung sejak disetor sampai dengan pengambilan; bunga tersebut dihitung setiap hari dengan bunga majemuk, tetapi pembayarannya pada akhir bulan atau pada waktu lain yang ditetapkan (daily interest).

bunga majemuk – bunga yang dihitung atas jumlah pinjaman pokok ditambah bunga yang diperoleh sebelumnya; misalnya, jika seseorang menyimpan uangnya di bank Rp1,000,00 pada tingkat bunga 10% pertahun, pada akhir tahun pertama akan diperhitungkan menjadi Rp 1,100,00 dan pada akhir tahun ke-2 akan menjadi Rp1,210,00 (compound interest).

bunga pasti – bunga simpanan yang dihitung berdasarkan 365 hari setahun; lawannya disebut bunga biasa yang dasar perhitungannya adalah 360 hari (exact interest).

bunga prapajak – penerimaan bunga atas suatu investasi sebelum pembayaran pajak (gross interest).

bunga resmi – suku bunga tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah (legal rate of interest).

bunga terantisipasi – perkiraan besarnya bunga yang akan dihasilkan pada saat tententu pada masa yang akan datang dan rekening simpanan atau penempatan pada bank lain (anticipated interest).

bursa – tempat untuk memperjual-belikan sekuritas, valuta asing, atau barang yang dilakukan secara teratur (bourse).

bursa efek – pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk mempertemukan penawar jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka. bursa sekuritas (stock exchange).

bursa komoditas – pasar komoditas yang diorganisasi secara teratur, digunakan untuk transaksi jual beli komoditas atas dasar kontrak dengan penyerahan seketika atau kemudian (commodity exchange).

bursa sekuritas – bursa efek (stock exchange).